Pasang Iklan Di Sini

Tuesday, February 5, 2013

SN 56.31 SIMSAPA SUTTA: Khotbah di Hutan Simsapa

(Dijual sebuah Counter di dalam City Mall Tangerang, ukuran 2 x 2 meter. Harganya sangat murah, hanya Rp 110 juta saja. Cocok untuk usaha di dalam Mall. Hubungi: 0818111368 / 02190450533. Pin bb: 7dfe719a. Foto counter menyusul. Bagi yang membantu memasarkan, akan dapat komisi.)

======================================================
Dijual biji jagung Popcorn ukuran:
1. 200 gram   = Rp. 8.000,-
2. 250 gram   = Rp. 10.000,-
3. 500 gram   = Rp. 20.000,-
4. 1000 gram = Rp. 40.000,-

Bagi yang berminat hubungi : 089652569795 / pin bb: 7dfe719a


SN 56.31 SIMSAPA SUTTA: Khotbah di Hutan Simsapa
Ketika Yang Terberkahi tinggal di Kosambi didalam
hutan simsapa. Kemudian, memungut beberapa lembar daun simsapa dengan
tangannya, beliau bertanya pada para bhikkhu, "Menurut kalian, para
bhikkhu; Manakah yang lebih banyak, beberapa lembar ditanganku atau yang berada
diatas di hutan simsapa?"

"Daun-daun yang berada ditangan Yang
Terberkahi lebih sedikit, Yang Mulia. Yang diatas di hutan simsapa lebih
banyak."

‎"Demikianlah, para bhikkhu, hal-hal yang telah saya ketahui dengan pengetahuan langsung tetapi tidak diajarkan lebih banyak [dibandingkan dengan apa yang saya ajarkan]. Dan mengapa aku tidak mengajarkannya? Karena hal-hal tersebut tidak berhubungan dengan tujuan, tidak berhubungan dengan prinsip dari kehidupan suci, dan tidak membawa pada pembebasan, pada pelepasan, pada penghentian, pada ketenangan, pada pengetahuan langsung, pada pencerahan, pada pelepasan. Karena itulah aku tidak mengajarkannya."

"Dan apakah yang aku ajarkan?"
'Inilah dukkha...
Inilah penyebab dari dukkha...
Inilah berhentinya dari dukkha...
Inilah jalan latihan yang membawa pada berhentinya dukkha':
Inilah yang aku ajarkan.

Dan mengapa aku mengajarkan hal-hal tersebut?
Karena hal-hal tersebut berhubungan dengan tujuan, berhubungan dengan prinsip dari kehidupan suci, dan membawa pada pembebasan, pada pelepasan, pada penghentian, pada ketenangan, pada pengetahuan langsung, pada pencerahan, pada pelepasan. Inilah mengapa aku mengajarkan hal-hal tersebut.

"Karena itu tugas kalian adalah merenungkan, 'Inilah dukkha... Inilah sumber dari dukkha... Inilah berhentinya dukkha.' Tugas kalian adalah merenungkan, 'Inilah jalan latihan yang membawa pada berhentinya dukkha."

[SN 56.31 SIMSAPA SUTTA]

No comments:

Post a Comment