Pasang Iklan Di Sini

Monday, April 3, 2017

Ilusionis Paling Hebat

Ilusionis Paling Hebat
Pamadamanuyunjati, bala dummedhino jana
Appamadanca medhavi, dhanam settham ‘varakkhati
”Orang dungu yang berpengertian dangkal terlena dalam kelengahan; sebaliknya orang bijaksana senantiasa menjaga kewaspadaan, seperti menjaga harta yang paling berharga”
Pendahuluan
      Dalam dunia hiburan, sebagian dari kita tentu pernah menyaksikan pertunjukan ilusi atau sulap, baik secara langsung maupun melalui media. Tidak hanya kita, pertunjukan sulap atau permainan ilusi ini sangat diminati dan dikagumi oleh sebagian besarmasyarakat di dunia, karena dalam penyajiannya dapa membuat penontonnya menjadi heran dan terpukau akan rahasia di baliknya. Dari pertunjukan ini, seringkali kita tidak sadar bahwa kita telah terjebak di dalam permainan ilusi yang pada dasarnya hanya sebuah permainan indera kita, sehingga kita menangkap fenomena yang tidak sesuai dengan realitasnya.. Dari sekian banyak permainan ilusi dan berikut sang ilusionisnya, kita mengenal sebagian dari mereka, meskipun sama sekali kita belum pernah bertemu secara langsung. Namun di dalam Dhamma, ada ilusionis yang lebih hebta, bahkan paling hebat yang justru sering ditemui dalam kehidupan sehari hari yang seakan kita tidak mengenalinya.
      Padahal tidak sedikit dari kita yang setiap saat bertemu dan berhadapan dengannya, bahkan kita sendiri tidak menyadarinya. Lalu siapakah ilusionis yang paling hebat tersebut? Ilusi apa yang ditunjukkan oleh ilusionis tersebut?
Pembahasan
Permainan ilusi yang ditunjukkan oleh para ilusionis mampu membuat daya tangkap indera kita menjadi kabur, sehingga tidak dapat menangkap fenomena yang terjadi sebagaimana aslinya. Dengan demikian, kejadian yang kita saksikan pada saat itu seolah olah memberikan kesan aneh tapi nyata dan benar terjadi. Pada saat tu kita sebenernya tertipu oleh ilusi yang membelokkan, menyesatkan alat indera kita dalam mencerna kejadian yang sebenernya. Sang Ilusionis melalui trik tertentu memang berusaha untuk menutup atau mengelabuhi pandangan kita terhadap suatu realitas, sehingga kita tidak dapat memahami kebenaran aslinya dan tentu saja hal ini akan menjadikan pandangan kita menyimpang.
Terlepas dari itu, dalam kehidupan nyata, di dalam Dhamma sesungguhnya terdapat ilusionis yang hebat yang mampu memperdaya dan menyesatkan kita ke dalam suatu penyimpangan terhadap karakteristik kehidupan, yaitu ilusi kekotoran batin (kilesa). Inilah sesungguhnya yang merupakan ilusionis paling hebat di dalam kehidupan. Ilusi kekotoran batin ini pula yang sesungguhnya sering kita temui di dalam keseharian kita. Dengan adanya ilusi kekotoran batin inilah, kita sebagai manusia seringkali gagal melihat dan memahami sifat objektif kehidupan. Oleh karena itu,  ketika kita dihadapkan pada suatu fenomena tertentu, kita menjadi kecewa dan menderita. Hal ini karena interpretasi kita terhadap realitas tertutup dan terhalang oleh kekotoran batin (kilesa), sehingga kita tidak bisa memahami dan menerima apa yang terjadi sebagaimana harusnya.
Kekotoran batin yang berupa lobha, dosa, moha, mana, ditthi, vicikiccha, thina, middha, ahirika, anottappa dan lain sebagainya ini sesungguhnya kita semua memilikinya di dalam diri kita. Masing-masing kekotoran batin menjalankan tugas, fungsi, dan perannya dengan lihai dengan moha adalah pemimpin dan yang mendasari setiap perbuatan buruk. Moha akan menutupi kebenaran atau realitas kehidupan dengan mengendalikan kekotoran-kekotoran batin yang lain, sehingga ia menarik kita ke dalam hal-hal yang buruk.
Kita terlahir dengan kekotoran batin yang mengakar dan berpotensi muncul kapanpun dan dimanapun. Oleh karenanya, hendaknya kita tidak meremehkan kejahatan yang ringan sekalipun, karena hal ini akan meninggalkan benih penderitaan dan berpotensi untuk terulang kembali.
Jika kita memperhatikan, adanya kemalasan, kemarahan, kebencian, keserakahan, kekecewaan, dan sebagainya yang sering kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari, semuanya adalah hasil dari bekerjanya ilusi kekotoran batin yang berdasar atau dipimpin oleh kebodohan batin (moha) yang ada dalam diri kita. Hal ini dapat terjadi sebagai akibat dari perenungan kita yang tidak bijaksana (ayoniso manasikara), akibat dari kelengahan kita. Demikianlah ilusi kekotoran batin menyesatkan manusia.
Dengan adanya ilusi kekotoran batin, ketika seseorang sudah terjebak di dalamnya, maka menjadi syarat untuk timbulnya pandangan salah (mica ditthi), kehausan (tanha) dan kemelekatan (upadana). Pada banyak kasus, ketika seseorang telah tertipu oleh kekotoran batin, pandangannya menjadi meleset, tiidak sesuai dengan kebenaran sejatinya, sehingga memandang yang salah sebagai yang benar, yang menjijikan sebagai yang indah, penderitaan dianggap sebagai kebahagiaan, yang berubah sebagai yang kekal, dan tanpa inti dianggap sebagai tanpa inti. Demikian juga sebaliknya. Begitu juga dengan kehausan (tanha). Oleh karena terkelabuhi oleh bekerjanya kekotoran batin yang dipimpin oleh moha, seringkali seseorang menjadi semakin haus terhadap suatu hal yang pada dasarnya akan membawa pada penderitaan. Akibat lain yang dapat muncul, yaitu timbulnya kemelekatan (upadana). Tidak jarang karena gagasan yang telah diterima dan terbentuk sebelumnya, seseorang menjadi melekat dan senantiasa dengan kuat memegang gagasan tersebut, sehingga menolak gagasan lain yang lebih baik ataupun yang paling baik.
MEMBENTENGI DIRI DARI ILUSI KEKOTORAN BATIN
Menyadari bahwa setiap kejahatan dan kebaikan yang dilakukan akan meninggalkan benih yang akan menjadi pohon dan buah yang baru, sangat penting untuk terus mengumpulkan kebaikan. Banyak cara atau jalan untuk dijadikan sarana berbuat baik, seperti berdana, menjalankan sila, menghormat Tiratana, ataupun membantu kegiatan di vihara. Dengan membiasakan diri untuk selalu berbuat baik, maka hal ini dapat melunakkan batin kita. Oleh karena itu ketika sudah menjadi kebiasaan, akan sangat berguna untuk kehidupan ini dan yang akan datang.
Salah satu cara untuk membentengi diri dari ilusi kekotoran batin yang menghalangi pikiran kita untuk dapat melihat kenyataan hidup dan senantiasa menjerumuskan kita kepada hal-hal yang buruk yaitu kewaspadaan (sati/appamada). Dengan memiliki atau mengembangkan kewaspadaan, maka kita tidak akan lengah, tidak terjebak, tidak terlena, tidak diperbudak lagi oleh ilusi kekotoran batin. Kita akan smeakin berpengendalian , dapat menjadi tuan bagi diri sendiri  sehingga mampu mengendalikan kekotoran batin yang ada di dalam diri kita. Sebagaimana dijelaskan di dalam Dhammapada 21, kewaspadaan adalah jalan menuju kekekalan, kelengahan adalah jalan menuju kematian. Mereka yang sadar tidak akan mati, mereka yang tidak sadar seperti orang mati. Bahkan sebagai Guru Agung Buddha juga memberikan pesan terakhir kepada para siswanya sebelum parinibbana yang berbunyi “vayadhamma sankhara appamadena sampadetha”. Segala sesuatu yang terkondisi adalah tidak kekal, berjuang dengan sungguh sungguh dengan penuh kewaspadaan.
KESIMPULAN
Permainan ilusi yang sering disaksikan di media hanyalah mampu mengelabuhi indera kita. Namun ilusi kekotoran batin mampu membutakan pandangan kita terhadap sifat asli kehidupan dan menyesatkan kita, sehingga pandangan kita menjadi menyimpang. Ilusionis paling hebat ini juga, yaitu ilusi kekotoran batin pun mampu menjerumuskan dan menyeret kita kepada hal hal yang buruk. Inilah sebabnya ilusi kekotoran batin dikatakan sebagai ilusionis paling hebat. Oleh karena itu, sebagai umat Buddha hendaknya kita selalu mengembangkan kewaspadaan (sati/appamada), sehingga kita tidak terkecoh oleh ilusi kekotoran batin dan pada akhirnya kita dapat melihat, memahami dan memandang kehidupan ini sebagaimana karakteristiknya, sifat aslinya. Sebagaimana syair Dhammapada 26 ”Orang dungu yang berpengertian dangkal terlena dalam kelengahan; sebaliknya orang bijaksana senantiasa menjaga kewaspadaan, seperti menjaga harta yang paling berharga”, demikian pula dengan melatih dan mengembangkan kewaspadaan (sati), maka kita tidak akan lengah dan terlena, namun akan menjadi lebih bijak dalam menyikapi fenomena kehidupan ini


1 comment:


  1. https://tapas.io/iskandaralip6
    https://youtu.be/eye45ogrVEU
    https://youtu.be/K_W0Xu-rFYI
    http://feeds.feedburner.com/web/NbrY
    https://ciranda.me/user/trianseo
    https://goo.gl/qnjdJs
    https://goo.gl/UMdp6E
    https://goo.gl/cWl0Os
    https://goo.gl/wRXcWh
    https://vturl.net/3Gbmj2
    http://vturl.net/4Ixo44
    https://bible.org/users/bandarqq99
    https://joenichols.com/users/alipblog
    http://mitraseo.spruz.com/profile/alipblog
    http://www.ibosocial.com/agenpoker1
    https://pokerdominobandarqtogelonline.tumblr.com/
    https://tawk.to/saraana99seo
    www.domainanda.xyz
    https://allevents.in/bandung/jadwalqq-%E2%80%93-agen-poker-online-agen-domino-online-terpercaya/80002983965264
    http://en.calameo.com/accounts/5220632
    https://e27.co/pokerdomino
    https://e27.co/startup/alipblog
    https://angel.co/konsultansosmed
    https://profiles.wordpress.org/pokerdominoqq/
    https://channel9.msdn.com/Niners/ALIPBLOG
    https://www.zotero.org/alipblog1
    http://imgur.com/user/poker12
    https://www.surveymonkey.com/r/99WXHHH
    http://juventude.gov.br/alipblog/blog/jadwalqq-agen-poker-online-agen-domino-online-terpercaya
    https://readthedocs.org/projects/alip-blog/
    http://angielski.edu.pl/forum/post80175.html#p80175##p80175
    https://wiki.digitalmethods.net/Main/AlipBlog
    https://headwayapp.co/alip-changelog
    https://www.etsy.com/people/alipiskandar1
    https://alip-iskandar.skyrock.com/3296142402-JADWALQQ-AGEN-POKER-ONLINE-AGEN-DOMINO-ONLINE-TERPERCAYA.html
    https://wiseintro.co/alipblog
    https://htu.at/Main/AlipBlog
    https://allevents.in/bandung/jadwalqq-%E2%80%93-agen-poker-online-agen-domino-online-terpercaya/80002983965264
    http://www.dailykos.com/user/domino99/
    https://tawk.to/alipblog
    https://www.behance.net/iskandaral4978
    https://hub.docker.com/r/bandarqq/jadwalqqseo/
    http://www.tribunnews.com/member/bandarpoker
    https://channel9.msdn.com/Niners/ALIPBLOG
    https://www.union.ic.ac.uk/arts/artifact/connect/artists/alipblog/
    https://www.givology.org/~alipblog/blog/
    http://groupspaces.com/poker5/pages/jadwalqq.com-agen-poker-online-agen-domino-online-terpercaya
    https://www.plurk.com/alipblog187
    http://www.alipblog.xyz/2017/06/26/daftar-situs-agen-poker-domino-bandarq-terpercaya/
    http://slides.com/alipblog1/deck-1#/
    https://www.strava.com/athletes/alipblog
    http://driverzone.com/forum/member.php?action=profile&uid=301180
    https://paper.li/KonsultanSosmed/1466684379/#/
    http://kontesseo.userecho.com/users/14-alip/topics/

    ReplyDelete